Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menyampaikan gagasannya terkait startegi agar produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) tetap berkembang di tengah gempuran penjualan barang online dan impor.

Hal itu dikatakan Ganjar merespons pertanyaan seputar startegi kepada UMKM di tengah persaingan dengan online shop dan barang impor usai menghadiri pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (7/10/2023).

“Iya sebenarnya kita juga meng-online-kan mereka. Memfasilitasi mereka agar bisa masuk pasar dunia. Peran pemerintah jadi begitu penting,” kata Ganjar dikutip dari keterangan tertulis.

Ganjar menekankan pentingnya proteksi kepada UMKM Indonesia agar tetap bersaing dengan penjualan barang secara online ataupun barang impor dari luar negeri.

Langkahnya, kata Ganjar, dengan membuat hak kekayaan intelektual (HAKI) agar produk UMKM bisa masuk pasar dunia dan tidak tergerus oleh perubahan teknologi.

“Kita dorong, kita proteksi, kemudian HAKI-nya kita proteksi juga sehingga ini bisa laku dan kalau sudah mendunia ya kita harus masuk pasar dunia jangan kemudian kita jadi pemain lokal terus. Kita serbu,” kata Ganjar.

 

 

Pamer Inovasi UMKM di Jateng

 

Ia pun mencontohkan salah satu langkah yang pernah dilakukan ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tentah yaitu mengirim produk UMKM asal Indonesia ke luar negeri.

“Kita pernah ngirim ke Prancis sudah dua kali ya. Terus ke Osaka pernah. Kita kenalkan. Kita gempur mereka dengan produk-produk kita. Mereka sangat suka sehingga kita harus berani bersaing soal itu. Kita memberikan fasilitasi dan proteksi,” tutur Ganjar Pranowo.

Selain itu, politikus PDIP ini juga mengaku senang karena kualitas UMKM Indonesia yang tampil di Pameran Inacraft semakin berkualitas setiap tahunnya.

“Makanya saya seneng banget melihat berbagai UMKM dan karya semua tampil di sini keliatan betul bahwa mereka rata-rata seperti semua sudah dikurasi,” tegas dia.

“Dari waktu ke waktu selalu ada saja, memunculkan sesuatu yang menakjubkan karena memunculkan desain yang baru terus kemudian bentuk-bentuk baru, inovasi seperti yang di belakang ini,” ujar bakal Capres PDIP ini memungkasi.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.